artikel

5 Cara Mudah Menghemat Air di Rumah

Krisis air menempati posisi nomor satu sebagai tantangan global yang akan dihadapi dalam satu dekade mendatang. Simak 5 cara mudah Menghemat air di rumah.

Kurang dari 1 persen jumlah air di Bumi yang dapat dikonsumsi makhluk hidup. Jumlah sumber daya alam yang terbatas ini pun kian tertekan oleh pertumbuhan jumlah penduduk dan industri di dunia.

Kekurangan air adalah salah satu bencana lingkungan utama yang diprediksi akan naik pada frekuensi dan tingkat keparahan, karena iklim yang terus menghangat beberapa dekade mendatang. 

Mengingat hal tersebut, ada beberapa langkah mudah yang dapat kita lakukan untuk menggunakan air dengan lebih bijak. Berikut 5 Cara Mudah Menghemat Air di Rumah:

1. Gunakan pancuran mandi dan keran yang hemat air

Mandi dengan gayung bisa menghabiskan sekitar 15 liter air. Mandi dengan pancuran bisa menghemat air lebih dari 60 persen.

2. Siram tanaman di pagi hari
Menyiram tanaman pada siang hari akan membuat air menguap sebelum diserap. Disarankan menanam di musim hujan karena pada awal perkembangannya, tumbuhan membutuhkan lebih banyak air.

3. Matikan keran ketika mencuci tangan dan menyikat gigi
Batasi penggunaan air dengan gelas atau gayung, hal ini dapat menghemat 11 liter air per hari.

4. Bijaksana dalam mencuci pakaian
Cucilah pakaian saat tumpukan baju cukup banyak dan sesuai kapasitas mesin. Menggunakan mesin cuci yang hemat air dapat menghemat 11.400-34.000 liter air per tahun.

5. Kurangi siraman pada kloset
Minimalkan penggunaan siraman pada toilet duduk. Tidak perlu berlebihan dalam menggunakannya. Jika bau dan kotoran sudah hilang, tidak perlu menyiram toilet lagi. Gunakan kloset dengan pilihan penyiram ganda yang saat ini banyak di pasaran.

(Sumber: Kompas.com)